Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA TERNAK AYAM KAMPUNG UNTUK PEMULA! DIJAMIN MENGUNTUNGKAN

 Banyak orang yang percaya bahwa beternak ayam kampung bisa mendatangkan keuntungan yang besar, karena ayam kampung sendiri merupakan masakan favorit banyak orang Indonesia. Selain ayam kampung, makanan ini juga terdapat di berbagai daerah di Indonesia.

Nah, untuk memulai usaha ayam kampung sobat ternyata perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu, apa saja ya?

Berikut cara ternak ayam kampung untuk pemula dijamin menguntungkan.


1. Persiapan kandang

 Tentunya sebelum memulai usaha ayam kampung, anda memerlukan konsep cara berternak ayam kampung dan menyiapkan kandang untuk berternak ayam kampung. Pro dan kontra dari sobat masing-masing tetap berusaha beternak ayam kampung dan memiliki waktu yang terbatas karena ayam kampung diternak dengan sistem Umbaran dengan sistem ini. Sobat tidak perlu membuat model yang terlalu besar, karena ayam dibiarkan mencari makan sendiri, namun jika Sobat memiliki banyak waktu luang, dan ingin serius beternak sebaiknya memilih sistem semi intensif. Dengan sistem ini, Anda mungkin membutuhkan modal lebih untuk membeli pakan dan membangun kandang, namun pertumbuhan ayam dapat dikontrol dengan baik.



2. Menyiapkan bibit

 Setelah membangun rumah, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih bibit ayam kampung, bisa berupa indukan atau ayam DOC yang dibesarkan sendiri. ayam kampung ada berapa hal yang tidak boleh luput nih dari perhatian ya sahabat Hal paling penting sebelum membeli bibit adalah memastikan bahwa bibit ayam kampung punya badan yang sehat yang ditandai dengan tidak ada cacat di tubuhnya aktif bergerak dan punya postur tubuh yang kekar agar lebih baik lagi jika sahabat membeli bibit ayam kampung dari peternak terpercaya yang sudah bersertifikat dari bepartemen peternakan setempat membesarkan ayam bila sahabat membeli bibit berupa indukan maka sahabat bisa membiarkan induk bertelur untuk kemudian membesarkan anak-anak mereka sendiri namun jika sahabat membeli bibit berupa doc maka sahabat tinggal merawat anak-anak ayam tersebut hingga tumbuh besar dan mencapai usia panen dalam sistem semi intensif Ayah maka terbagi berdasarkan kelompok usianya agar mendapatkan perawatan yang sesuai lewat sistem tersebut kandang ayam umumnya akan dibagi lagi menjadi kandang ayam BOC kandang pembesaran dan kandang ayam dewasa memasarkan ayam ayam kampung Biasa diternakkan untuk dijual daging atau telurnya teman-teman, Anda dapat menggunakan keduanya untuk keuntungan Anda. ayam kampung punya ukuran yang lebih kecil ketimbang telur ayam yang dihasilkan oleh ayam petelur namun punya harga jual yang lebih mahal sobat bisa loh menyuplai telur ayam ini kepada pengepul di pasar atau langsung kepada Toko Jamu dan juga rumah makan hal yang sama juga bisa dilakukan dalam menjual daging ayam kampung dimana sobat bisa menjadi suplier ayam untuk restoran yang menyajikan masakan ayam kampung.

Bagaimana sahabat tertarik buat memulai beternak ayam kampung share pendapat menarik kalian di kolom komentar

Posting Komentar untuk "CARA TERNAK AYAM KAMPUNG UNTUK PEMULA! DIJAMIN MENGUNTUNGKAN"