Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Bahaya Kayu Manis Cinnamon Untuk Kesehatan



 Kayu Manis merupakan rempah-rempah yang terkenal sejak zaman dulu sebagai pengobatan tradisional, dimana Kayu Manis Ini mengandung senyawa seperti asam cinnamic, cinnamaldehyde, cinnamate yang  bermanfaat bagi kesehatan.

Namun ternyata tidak  semua jenis kayu manis sama dan Kayu Manis juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika salah  mengkonsumsinya. bagaimana manfaat kayu manis dan bagaimana cara pilih kayu manis yang tepat? mari kita bahas satu-satu. 

Yang pertama seperti namanya Kayu Manis, Kayu Manis sering digunakan  sebagai penambah rasa alami untuk memunculkan aroma manis. namun efeknya tidak seperti gula malah Kayu Manis ini terkenal dan terbukti juga untuk menstabilkan kadar gula darah terutama pada penderita diabetes. dimana Kayu Manis dapat membantu menghambat penyerapan gula pada  saluran pencernaan kita.

Selain itu Kayu Manis dapat meningkatkan sensitifitas insulin atau hormon yang bisa membantu kita menyerap gula sehingga membuat gula darah menjadi lebih stabil  lagi.

Yang kedua menstabilkan tekanan darah, Kayu Manis terbukti dapat menurunkan resiko penyakit jantung Seperti membantu menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar  kolesterol trigliserida tinggi dan membantu menstabilkan kekuatan jantung.

Dimana Kayu Manis  ini dapat meningkatkan sirkulasi dan perbaikan jaringan pada pembuluh darah sehingga membantu kalian mendapatkan tekanan darah yang stabil dan mencegah munculnya penyakit jantung maupun  penyakit stroke.

Makanya orang-orang yang punya tekanan darah tinggi biasanya rutin mengkonsumsi  kopi atau makanan lain dicampur dengan kayu manis untuk membantu menstabilkan tekanan darahnya. yang ketiga meredakan peradangan atau inflamasi, antioksidan pada kayu manis dapat membantu menurunkan peradangan ataupun pembengkakan pada tubuh. biasanya ini digunakan sebagai pengobatan  nyeri terutama nyeri yang berhubungan dengan nyeri otot, nyeri saat menstruasi maupun nyeri akibat  alergi.

Biasanya Kayu Manis digunakan dalam pengobatan India dimana wanita yang mengalami  nyeri saat menstruasi disarankan mengkonsumsi teh yang mengandung kayu manis untuk meredakan rasa nyeri pada saat menstruasinya. tinggi antioksidan, dalam beberapa penelitian Kayu Manis dapat bermanfaat untuk mencegah mutasi sel-sel kanker akibat senyawa cinnamaldehyde yang dapat  menghambat pertumbuhan tumor dan melindungi DNA kita dari kerusakan akibat sel-sel kanker, terutama pada kanker usus besar maupun kanker pencernaan. menjaga kebersihan mulut, Kayu Manis punya anti bakteri yang bermanfaat bagi kebersihan mulut dimana dapat menghambat munculnya bakteri penyebab bau mulut, kerusakan gigi, maupun infeksi pada mulut, seperti sariawan, gigi berlubang,  serta dapat digunakan sebagai obat kumur alami.

Jadi kalian bisa menggunakan air rebusan Kayu Manis lalu dibuat kumur-kumur dua kali sehari untuk menjaga kebersihan mulut. anti jamur, Kayu Manis ternyata dapat melawan candida albicans penyebab masalah jamur pada tubuh. bisa jamur pada kulit maupun jamur pada saluran pencernaan dan pada area genital kita. sebagai treatment jamur pada kulit kayu manis dapat direbus lalu digunakan sebagai pasta untuk membasmi jamur pada area  kulit. kesehatan kulit, kayu manis juga punya efek antibakteri dan anti mikroba yang dapat melindungi kulit dari iritasi, ruam, alergi, infeksi bahkan dari jerawat. kalian dapat mencampur Kayu  Manis dengan madu gunakan sebagai masker alami untuk membantu menghilangkan dan merawat kulit yang berjerawat ataupun sedang terkena infeksi bakteri.

Kayu manis memang punya banyak manfaat  untuk kesehatan Namun ternyata tidak semua kayu manis itu sama. yang membuat Kayu Manis menjadi  berbahaya adalah kandungan kumarinnya dimana ketika kita mengkonsumsi kumarin berlebihan dapat berefek negatif menyebabkan kerusakan pada hati. secara garis besar ada empat varietas kayu manis yang ada di pasaran, yang paling sering adalah Kayu Manis Ceylon atau Kayu Manis Meksiko, Kayu Manis Cassia, Kayu Manis Burma atau kayu manis yang berasal dari Indonesia, ataupun Kayu Manis Vietnam. kayu manis yang paling rendah kadar kumarinnya adalah Kayu Manis jenis Ceylon, dimana Kayu Manis Ceyon ini harganya memang lebih mahal, rasanya agak manis, berwarna coklat kemerahan tapi  punya kandungan kumarin yang paling rendah dan kandungan antioksidan yang lebih tinggi sehingga ketika kalian mengkonsumsi Kayu Manis Ceylon ini lebih aman untuk yang punya masalah hati.

Sedangkan kayu manis yang sering ada di pasaran adalah Kayu Manis Cassia maupun Kayu Manis Burma, Kayu Manis ini harganya murah namun rasanya agak pahit dan pedas, mengandung kadar kumarine yang  lebih tinggi bahkan bisa 400 hingga 500% daripada kumarin pada Ceylon serta punya aroma yang sangat  kuat. ketika kalian menggunakan kayu manis cassia ini sebagai obat-obatan tradisional maka perlu diperhatikan sekali terhadap kesehatan hati karena kumarin yang tinggi ini tadi saya sudah sebutkan bahwa ini dapat meningkatkan kerusakan pada hati sehingga walaupun dapat menurunkan  kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, membantu menyehatkan jantung, tapi karena kadar kumarin yang tinggi itu dapat perlahan-lahan merusak Hati kalian. 

Jadi sangat-sangat disarankan kalian harus memperhatikan dengan benar kayu manis yang akan kalian beli jenis kayu manisnya apa. paling susah kalau itu adalah Kayu Manis bubuk karena sudah hancur dan tulisannya  hanya Cinnamon, tapi kalau Kayu Manis Yang batangan masih bisa dilihat perbedaannya antara Kayu Manis jenis Ceylon dan kayu manis jenis Cassia ataupun Kayu Manis jenis Burma. Kayu Manis sendiri sangat bagus digunakan ketika dipanaskan jadi dibuat rebusan Kayu Manis lalu dikonsumsi airnya untuk mendapatkan hasil antioksidan yang optimal. Kayu Manis sendiri juga bisa kalian  campur ke dalam kopi, makanan, ataupun ke dalam masakan, untuk meningkatkan kadar antioksidan  pada kesehatan kalian. tapi seperti yang tadi saya sampaikan mohon-mohon sekali diperhatikan lagi  jenis kayu manis yang kalian beli, Jangan sampai kalian memilih Kayu Manis sebagai obat tradisional Namun ternyata kayu manis yang dipilih itu malah mengandung kumarin tinggi yang dapat membahayakan orang lain.

DISCLAIMER : Artikel ini murni informasi pendidikan dan bukan merupakan pesan medis atau pengganti pengobatan. Sangat direkomendasikan untuk memeriksakan kesehatan langsung ke tenaga kesehatan profesional dan meminta saran terbaik karena setiap individu maupun masalah kesehatan perlu pemeriksaan lebih lengkap sebelum memberikan pengobatan.

Sumber Artikel : Yuotube dr.Emasuperr

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Bahaya Kayu Manis Cinnamon Untuk Kesehatan"