Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Makanan Alami Pegal Linu Dan Nyeri Sendi

 


Bersyukur kita tinggal di Indonesia dimana di Indonesia ini kaya akan rempah-rempah dan bahan alami terutama untuk membantu mengurangi  pegal linu dan nyeri sendi. bahan-bahan apa saja itu? well, jamu yang mengandung bahan alami untuk membantu meredakan pegal linu dan nyeri sendi.

Yang pertama kunyit, kunyit itu bahan wajib terutama pada mbah-mbah jamu dimana kunyit ini mengandung kurkumin yang terbukti secara ilmiah dapat menghambat kerusakan pada tulang rawan maupun sendi, merangsang produksi kolagen pada persendian, dan mengurangi rasa nyeri dan peradangan pada sendi.

Namum yang perlu diperhatikan kurkumin sendiri sangat sulit untuk diserap oleh tubuh, cara terbaik untuk meningkatkan penyerapan kurkumin pada tubuh adalah dengan mengkonsumsi kurkumin bersama dengan lemak baik serta ditambah dengan piperin pada lada  hitam. mau dicampur di susu, santan, ataupun makanan berlemak lainnya ditambahkan kurkumin dan sedikit lada hitam untuk membantu mengoptimalkan penyerapan kurkumin pada tubuh sehingga dapat mengatasi pegal linu dan peradangan pada sendi.

Yang kedua kafein, kafein merupakan hipoalgesic yang dapat membantu mengurangi nyeri otot terutama setelah latihan. jadi tidak heran kalau banyak  sekali atlet nge-gym atau pekerja lapangan itu merasakan lebih berenergi setelah mengkonsumsi kopi karena kopi tinggi akan Cafein. jahe, terutama jahe merah itu terbukti secara ilmiah efektif untuk membantu mengurangi pegal linu pada tubuh, nyeri sendi, nyeri otot, serta bermanfaat  untuk meningkatkan daya tahan tubuh. ketika dibandingkan mengkonsumsi jahe itu sama efektifnya dengan obat-obatan anti nyeri ketika menghadapi pegal linu dan nyeri sendi. maka tidak heran kalau tiap malam banyak orang-orang yang hobi minum wedang jahe, STMJ atau Susu Telur madu jahe dimana itu ternyata memang bagus sekali untuk membantu mengatasi pegal linu dan nyeri sendi secara alami. yang paling optimal adalah jahe bubuk yang sudah dikeringkan dimana itu meningkatkan antioksidan pada jahe. bisa dikonsumsi sekitar 1 sampai 2 sendok teh jahe bubuk untuk membantu mengurangi  nyeri sendi.

Selain itu jahe juga bisa digunakan sebagai kompres untuk membantu mengurangi  peradangan atau pembengkakan nyeri-nyeri terutama pada nyeri otot dan nyeri asam urat. kalian bisa memanaskan jahe dalam waktu 5-10 menit lalu hasil air rebusannya itu digunakan untuk mengompres bagian badan yang nyeri. temulawak, temulawak ini adalah tanaman asli Indonesia yang tidak  pernah absen dari jamu-jamuan, dimana temulawak ini terbukti dapat bertindak sebagai antiinflamasi atau anti peradangan yang dapat memblokir respon nyeri terutama pada respon nyeri saraf-saraf. efek ini karena kurkumin tinggi akan xanthorrhiza yang bertindak sebagai senyawa anti peradangan pada  tubuh. daun seledri, Ini mengandung apigenin dan apiin yang terbukti dapat membantu mengurangi peradangan, bengkak, dan nyeri, terutama pada sendi dan dapat menghambat terbentuknya asam urat  pada tubuh.

Selain itu biji seledri bermanfaat sebagai diuretik alami atau dapat membuang cairan  pada tubuh dan melancarkan air kencing sehingga mempercepat pengeluaran asam urat pada tubuh. ada juga penelitian yang menyebutkan ketika kalian mengkonsumsi 75 MG ekstrak biji seledri dua kali sehari selama 3 minggu dapat mengurangi radang sendi kronis hingga 80%, jadi tidak ada salahnya mulai rutin mengkonsumsi seledri untuk membantu mengurangi pegel linu maupun nyeri pada  sendi. daun sidaguri, ini kaya akan flavonoid yang bertindak sebagai inhibitor xanthine oksidase atau membantu menurunkan kadar asam urat pada tubuh dan diuretik yaitu mengeluarkan cairan pada tubuh sehingga asam urat dapat segera di proses keluar dari tubuh. daun sidaguri ini dapat dikonsumsi  dalam bentuk kering ataupun serbuk sidaguri untuk membantu mengurangi nyeri sendi dan pegel linu pada tubuh. Kayu Manis, ramuan jahe dicampur Kayu Manis ketika dikonsumsi dua kali sehari  selama 6 minggu itu dapat membantu mengurangi nyeri otot dan nyeri setelah beraktivitas fisik  berat. teh hijau, teh hijau punya banyak sekali manfaat kesehatan salah satunya membantu menjaga  kesehatan sendi, meningkatkan proses perbaikan otot, dan mengatasi pegal linu pada otot. makanya banyak sekali suplemen olahraga yang mengandung teh hijau terbukti secara ilmiah dapat membantu mengurangi pegal linu dan nyeri-nyeri sendi. Chamomile, jadi chamomile ini dikenal  sebagai Teh cepat tidur, Jadi kalau orang-orang yang susah tidur disarankan mengkonsumsi chamomile. Namun ternyata chamomile juga punya efek antispasmodik, antiseptik, dan anti  inflamasi karena chamomile mengandung flavonoid penting seperti apigenin, luteolin dan quersetin  yang bertindak sebagai pelemas otot.

Semangka, semangka selain tinggi akan cairan juga tinggi akan nutrisi seperti L-citruline, vitamin A, vitamin C untuk membantu mempercepat perbaikan otot. delima, strawberry, dan Cherry, buah-buahan merah ini mengandung flavonoid tinggi yang ternyata  terbukti dapat membantu mengurangi nyeri otot dan peradangan setelah beraktifitas. banyak penelitian yang menemukan bahwa ketika seseorang setelah berolahraga atau beraktivitas lalu mengalami pegel linu, nyeri-nyeri pada otot dan sendi, lalu mengkonsumsi jus delima, jus Cherry maupun jus strawberry dapat membantu mengurangi nyeri otot, melemaskan otot lebih cepat, dan membantu  mempercepat pemulihan energi setelah beraktifitas. jadi tidak ada salahnya ketika kalian merasa capek dan lelah itu mulai rutin mengkonsumsi semangka, cherry, strawberry ,maupun delima. bawang putih,  tinggi akan alicin yang terbukti dapat membantu untuk mengurangi kerusakan otot, peradangan, maupun meningkatkan energi pada tubuh. dimana alicin ini bersifat sebagai antioksidan dan antiinflamasi pada tubuh. namun perlu diperhatikan mengkonsumsi bawang putihnya untuk mendapatkan alicin yang optimal dimana kalian bisa menghancurkan bawang putih lalu ditunggu 5-10  menit agar alicinnya keluar semua baru dikonsumsi mentah-mentah untuk mendapatkan hasil alicin yang optimal.

DISCLAIMER : Artikel ini murni informasi pendidikan dan bukan merupakan pesan medis atau pengganti pengobatan. Sangat direkomendasikan untuk memeriksakan kesehatan langsung ke tenaga kesehatan profesional dan meminta saran terbaik karena setiap individu maupun masalah kesehatan perlu pemeriksaan lebih lengkap sebelum memberikan pengobatan.

Posting Komentar untuk "8 Makanan Alami Pegal Linu Dan Nyeri Sendi"