Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Makan Telur Setiap Hari Untuk Kesehatan

 Telur memang tinggi akan nutrisi pada tubuh ada lemak, vitamin, mineral, dan kolesterol baik. Putih telur terutama tinggi akan protein ini bagus untuk membentuk otot-otot maupun mengebalikan sel-sel rusak. Namun yang menjadi perhatian adalah kuning telur, kuning telur ini tinggi akan kolesterol.



1 butir kuning telur itu mengandung 150 hingga 200 mg kolesterol. Batas kolesterol yang disarankan pada tubuh itu sekitar 200 sampai 300 mg kolesterol saja. Jadi kalian mengkonsumsi satu butir telur itu sudah mencukupi seluruh jumlah kolesterol harian.

Telur itu tinggi kolesterol tapi kolesterolnya kolesterol baik, mungkin ada yang bilang kolesterol telur adalah kolesterol baik dia tidak akan meningkatkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Sebelum kalian melihat penelitian harus dilihat dulu siapa sumber pendanaan dari penelitian tersebut.

Karena melakukan penelitian pada puluhan ribu orang itu membutuhkan dana yang lumayan banyak tidak hanya 2 juta itu perlu puluhan bahkan ratusan juta.

Banyak penelitian-penelitian yang pro terhadap telur itu didanai oleh industri peternakan yang berhubungan dengan telur. Penelitian juga bisa dilakukan hasil bias diamana kebanyakan telur dibandingkan dengan makanan tinggi lemak lainnya. Seperti mengkonsumsi telur dibandingkan dengan daging olahan atau daging merah, mengkonsumsi telur dibandingkan dengan susu maupun produk dairi lainnya. Tentu saja ketika kita mengkonsumsi telur dibandingkan dengan mengkonsumsi sosis, daging merah yang berlemak, maka kadar kenaikan kolesterolnya akan terlihat stabil dan tidak ada perbedaan.

Namun banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa ketika kalian mengkonsumsi makanan yang sehat lalu mengkonsumsi telur terus-menerus terutama dalam jumlah banyak itu terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol total pada darah.

Ketika telur distop kadar kolesterol akan kembali stabil, jika kalian makan kuning telur lagi maka kolesterol akan meningkat kembali dengan drastis. Jadi perlu diperhatikan dulu sumber dana penelitiannya dan bagaimana penelitian itu dilakukan. Jika dikonsumsi secara wajar telur termasuk aman pada tubuh rata-rata kalian bisa mengkonsumsi sekitar 2-3 butir telur per minggu. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan misalnya satu minggu lebih dari 7 telur bahkan 1 hari mengkonsumsi 2-4 telur per hari maka terbukti dapat meningkatkan resiko kesehatan pada tubuh.

Apa saja itu ?

1. resiko penyakit jantung

Penelitian yang dipublikasikan pada 1 April 2022 dimana mengikuti 27.078 pria Finlandia selama 31 tahun menemukan bahwa semakin banyak kolesterol dan telur yang dimakan seseorang maka akan semakin besar angka kematian dini dan kematian akibat serangan jantung 41 studi prospektif lainnya menemukan hubungan yang sama antara konsumsi telur berlebihan dengan asupan kolesterol dan peningkatan kematian total terhadap serangan jantung. Bahkan penelitian di Amerika serikat mengikuti 521.120 orang US dewasa selama 16 tahun menemukan bahwa makan setengah telur per hari itu meningkatkan resiko kematian akibat serangan jantung, kanker maupun kolesterol tinggi dimana setiap kuning telur mengandung 200 mg kolesterol, setiap tambahan 300 mg kolesterol dari kuning telur yang dikonsumsi akan meningkatkan resiko kematian dari 20 hingga 24%.

Tapi dok banyak yang bilang kolesterol tinggi tidak berhubungan dengan penyakit jantung! ada mekanisme lain dari kuning telur dimana kuning telur ini mengandung LESITIN dan KOLIN ini akan dirubah oleh bakteri pada usus kalian menjadi TMAO atau TRILMETHYLAMINE OXIDE. TMAO ini dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan memulai munculnya plak-plak kolesterol lemak dan penyumbatan pada pembuluh darah kalian.

Nah TMAO tinggi pada darah itu terbukti dapat meningkatkan resiko penyakit jantung maupun stroke pada tubuh. Jadi konsumsi telur berlebihan itu tidak hanya berbahaya karena tinggi kolesterolnya tapi juga karena kolinya yang berubah menjadi TMAO ini meningkatkan resiko menculnya plak pada pembuluh darah yang akhirnya meningkatkan resiko penyakit jantung.

2. Diabetes

Mengkonsumsi makanan tinggi lemak maupun kolesterol itu berhubungan dengan resistensi insulin, dimana lemak ini dapat mengganggu kemampuan insulin untuk memproses gula dalam darah. Orang-orang yang mengkonsumsi telur lebih dari 7 telur per minggu dapat meningkatkan resistensi insulin sebesar 68% dimana penelitian yang dilakukan pada 21.000 peserta ketika seseorang diabetes mengkonsumsi kuning telur lebih dari 7 kali seminggu meningkatkan resiko kematian hingga 50% apalagi pada wanita, wanita yang mengkonsumsi telur lebih dari 7 kali seminggu dapat meningkatkan resiko diabetes hingga 77% bahkan pada ibu hamil mengkonsumsi telur berlebihan itu meningkatkan resiko diabetes Gestasional atau diabetes yang terjadi saat kehamilan.

Yang paling sering terjadi adalah penderita diabetes karena menghindari makanan tinggi gula akhirnya mereka merubah makanannya menjadi makanan Ketogenik atau tinggi lemak, mereka memilih makan telur karena dianggap telur itu tidak mengandung gula.

Namun ternyata karena telur ini tinggi akan kolesterol maka semakin meningkat resistensi insulin atau kemampuan untuk memproses gula darah dan meningkatkan resiko munculnya penyakit jantung pada penderita diabetes.

Jadi sangat disarankan sekali untuk kalian yang diabetes lebih baik mengkonsumsi secara normal secara wajar dan menghindari kuning telur, kalau mau makan telur lebih baik kuning telurnya disisihkan atau dikomsumsi tidak berlebihan cukup 2 sampai 3 butir telur untuk mencegah munculnya penyakit jantung pada penderita diabetes.

3. Kanker

KOLIN yang dirubah menjadi TMAO TRIMETHYLAMINE oleh bakteri, bakteri pada usus kita itu juga dapat meningkatkan resiko munculnya kanker dan sudah terbukti secara ilmiah, dimana TMAO ini terbukti dapat meningkatkan resiko kanker seperti kanker usus besar, kanker prostat, kanker ovarium, kanker payudara bahkan kanker kandung kemih.

Maka untuk penderita kanker sangat disarankan untuk membatasi asupan telurnya tidak lebih dari 2-3 butir telur per minggu untuk mencegah perkembangan kanker pada tubuh, tidak hanya penderita kanker ini termasuk pada orang-orang yang punya riwayat gen kanker misalnya orang tua ataupun saudara-saudaranya ada yang menderita kanker maka sangat disarankan untuk membatasi asupan kuning telur ini.

Nah jadi sebaiknya mengkonsumsi telur dalam batas wajar 1 minggu 2-3 butir itu cukup namun tidak disarankan mengkonsumsi lebih dari 7 butir.

Jika kolesterol LDL kalian di atas 100 atau lebih maka sebaiknya membatasi asupan telur apalagi kalian punya resiko penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker maka sebaiknya membatasi asupan telur 1 minggu 1 butir saja per hari.

Namun jika kalian kondisi tubuhnya sehat-sehat saja dan memang body builder atau atlet membutuhkan asupan protein dan lemak yang lebih banyak maka sebaiknya saat mengkonsumsi telur itu diawasi dengan baik kadar kolesterolnya atau lebih bijak mengkonsumsi putih telur saja jadi kalian sisihkan kuning telurnya sehingga tidak berlebihan pada tubuh.

 DISCLAIMER : Artikel ini murni informasi pendidikan dan bukan merupakan pesan medis atau pengganti pengobatan. Sangat direkomendasikan untuk memeriksakan kesehatan langsung ke tenaga kesehatan profesional dan meminta saran terbaik karena setiap individu maupun masalah kesehatan perlu pemeriksaan lebih lengkap sebelum memberikan pengobatan.

Posting Komentar untuk "Bahaya Makan Telur Setiap Hari Untuk Kesehatan"